Sejarah Bayern Munchen FC
FC Bayern München atau Bayern München adalah klub olahraga terbesar kedua di dunia setelah FC Barcelona dengan 125.115 anggota, mengungguli Real Madrid, Manchester United, AC Milan dan Inter Milan. Klub sepak bolanya telah menjuarai juara Jerman pada tahun 1932 dan liga sepak bola Jerman Bundesliga 21 kali, pada tahun 1969, 1972, 1973, 1974, 1980, 1981, 1985, 1986,1987, 1989, 1990, 1994, 1997, 1999, 2000, 2001, 2003, 2005, 2006, 2008, dan 2010. Telah menjuarai Liga Champions sebanyak 4 kali. Pada 22 Mei 2010 di final Liga Champions, FC Bayern München ditaklukkan oleh klub raksasa Italia, Inter Milan, yang membuat Bayern keluar sebagai runner-up.
Sejarah
Setelah pertikaian antara manajemen klub dan pemain dari MTV 1879
München di bar “Gisela” di Schwabing, 11 pemain memutuskan untuk memisahkan
diri dan membentuk klub sendiri dibawah manajemen Franz John pada 27 Februari
1900. Nama yang dipilih untuk klub yang baru adalah FC Bayern München. Ini
adalah awal dari cerita sukses yang unik Kemenangan ditahun 1932 di Nuernberg
pada final melawan Eintracht Frankfurt adalah kemenangan pertama dari total 20
gelar kemenangan. FC Bayern München tidak ikut saat Bundesliga dibentuk. Namun
ditahun 1965, klub ini dipromosikan dan menjadi nomor tiga pada musim
berikutnya dan sejak saat itu menjadi anggota tetap di Bundesliga, memenangkan
21 gelar kemenangan Bundesliga dan menempatkan klub ini diurutan utama dari
Bundesliga. Sejauh ini, FC Bayern München adalah klub tersukses.
Seratus tahun pertama Bayern München–Sejarah dan kisah suksesnya
dimulai dan diakhiri dengan nama Franz. Apakah ini suatu kebetulan bahwa Franz
John yang mendirikan FC Bayern dan seabad kemudian dengan Franz yang berbeda,
kali ini Beckenbauer yang memimpin Bayern München menjadi klub yang disegani
dan ideal dengan setumpuk gelar dibelakangnya di abad yang baru sebagai
presidennya. Banyak hal yang membedakan masa dulu dan sekarang. Franz John
mendirikan dan membangun Bayern dari nol dan relative senang dengan hasil
kemenangan 7-1 Bayern dalam pertandingan pertamanya melawan tim sebelumnya, MTV
1879. Tapi John juga memberikan klub yang “karismatik” ini dengan keunikan
pertamanya. Pada awal mulanya, orang mengenal sebagai Bayern, kemudian sebagai
Schwabinger Bayern, dari topi unik para pemainnya. Pada masanya, Franz
Beckenbauer telah membantu Bayern München menjadi seperti dirinya saat ini:
klub internasional dengan jutaan penggemar, sebuah institusi yang menjangkau
sampai jauh diluar persepakbolaan Jerman Tidak pernah dalam impiannya yang
tergila sekalipun Franz John membayangkan bahwa timnya akan menjadi juara
Jerman, juara Piala Eropa dan bahkan pemenang kejuaaraan antar klub
internasional.
Warna
Pada awalnya warna Bayern adalah putih dan biru, tetapi klub
menggunakan kemeja putih dengan celana pendek hitam sampai 1905, ketika Bayern
bergabung MSC. MSC memutuskan bahwa para pemain harus bermain dengan celana
pendek merah. Bayern telah bermain dengan warna merah dan putih untuk sebagian
besar keberadaannya, tapi biru dipakai sebagai pilihan lain. Pada musim 1969-70
kemeja yang bergaris-garis dengan warna biru dan putih, dan celana pendek dan
kaus kaki juga biru. Gaya serupa muncul di tahun 1995, ketika itu warna biru
menjadi warna dominan untuk pertama kalinya. Dari 1999 tentang Bayern kembali
ke warna aslinya.
Kit tandang memiliki berbagai macam warna selama bertahun-tahun,
termasuk putih, hitam, biru, dan emas-hijau. Bayern juga dilengkapi kit internasional
yang berbeda. Pada 2009, kit rumah merah, kit tandang biru gelap, dan kit
internasional putih.
Organisasi dan Keuangan
Tim sepak bola
profesional di Bayern dijalankan oleh FC Bayern München AG. AG adalah singkatan
Aktiengesellschaft, sehingga Bayern adalah sebuah perusahaan gabungan saham yang tidak
terdaftar di bursa saham publik, tetapi milik pribadi. 81,82% dari FC Bayern
München AG dimiliki oleh pihak klub, FC Bayern München e. V. (e. V. pendek
untuk Eingetragener Verein, yang diterjemahkan menjadi "Klub
Terdaftar") dan 9,09% masing-masing oleh Adidas produsen
perlengkapan olahraga asal Jerman, dan perusahaan mobil asal Jerman, Audi. Adidas memiliki
saham pada tahun 2002 dengan harga € 77m. Uang itu ditujukan untuk membantu
membiayai Allianz Arena. Pada tahun 2009 Audimembayar bayar € 90m
sebagai bagian kepemilikan sahamnya. Modal tersebut digunakan untuk
mengembalikan pinjaman pembangunanAllianz Arena menjadi
lebih cepat daripada yang direncanakan.
Mitra iklan utama
Bayern dan pemegang hak jersey adalah Deutsche
Telekom. Pemasok kit utama klub ini adalah Adidas. mitra
utama lainnya termasuk Audi, Coca-Cola, Lufthansa, Nikon, Siemens,
dan Sony Ericsson Pada tahun-tahun sebelumnya
hak jersey dimiliki oleh Adidas(1974-1978)., Magirus Deutz dan Iveco ( truk /
1978-1984), Komodor (komputer /
1984-1989) dan Opel (mobil
/ 1989-2002).
Bayern sebagian besar
dipimpin oleh pemain mantan klub. Presiden klub Uli Hoeness. Dia telah
berada di kantor, sebelumnya sebagai manajer umum klub, sejak tahun 1979. Karl-Heinz Rummenigge adalah ketua
dewan eksekutif FC Bayern München AG. Pengawasan Dewan sembilan sebagian besar
terdiri dari manajer dari perusahaan besar Jerman. Mereka adalah Herbert Hainer
(CEO adidas), Uli Hoeness, Timotius Höttges,
Helmut Markwort, Dieter Rampl, Fritz Scherer, Rupert Stadler, Edmund Stoiber,
dan Martin Winterkorn.
Setelah pendapatan
catatan € 328,4 juta pada tahun 2007-08 dan laba setelah pajak sebesar € 2,1
Juta, Bayern melaporkan pendapatan sebesar € 303,8 juta dan keuntungan sebesar
€ 2,5 Juta pada 2008-09. Menurut data Deloitte Football Money League, Bayern adalah
klub terkaya keempat di dunia pada tahun 2009, menghasilkan pendapatan sebesar
€ 289,5 Juta
Allianz Arena
Allianz Arena adalah stadion sepak bola yang terletak di distrik Fröttmaning di sebelah utara kota Munchen. Dibuka pada 30 Mei2005 dengan pertandingan persahabatan antara TSV 1860 München dan 1. FC Nürnberg, stadion
ini merupakan tempat pertandingan pembukaan Piala Dunia 2006. Setelah
selesai dibangun, stadion ini menggantikan Stadion Olimpiade
Münchensebagai stadion kandang bagi TSV 1860 München dan Bayern München.
Stadion super modern ini dirancang oleh firma arsitektur Swiss, Herzog & de Meuron dan berkapasitas 66.000 tempat duduk untuk
pertandingan Internasional. lapisan bagian luar tersusun dari 1056 panel
berbentuk belah ketupat, yang masing-masing dapat diterangi dalam warna yang
berbeda - beda (merah, biru atau putih), sehingga terlihat seperti suatu pola
yang bergerak.
Pada awalnya stadion ini merupakan patungan dari dua tim sepak
bola asal kota Munchen. Tapi pada tahun 2010, Bayern Munchen membeli penuh
Hak atas Allianz Arena, setelah TSV 1860 München mengalami masalah keuangan dan
tidak lagi sanggup untuk menutup utang pembangunan.
0 komentar :
Post a Comment